Thursday, May 2, 2013

Kisah Makanan Pokok

Oleh : Helmi Junaidi




Sedang ada siaran masak brownis singkong di televisi. Sepertinya enak juga rasanya. Tapi, bicara soal makanan pokok, sebetulnya cuma beberapa saja yang asli Indonesia, antara lain pisang, ketela (sweet potatoe) dan sagu. Singkong, jagung dan kentang asalnya dari Amerika Selatan, yakni kebudayaan cocok tanam Aztek, Maya, Inca. Kalau  gandum dari Timur Tengah dan padi dari Asia Timur. Pisang asli sini juga, tapi biasanya di sini tidak dihitung sebagai makanan pokok, kecuali untuk bayi. Tapi, kalau di Afrika ada juga masyarakat yang makanan pokoknya pisang. Makanan pokok asli sini yang lainnya adalah sukun (bread fruit), muatan kapal Bounty yang terkenal dengan kisahnya Mutiny of the Bounty (pemberontakan di kapal Bounty), yang pernah dijadikan film layar lebar juga.

Pisang, sukun, ketela dan sagu. Dari semua makanan pokok asli sini tersebut, cuma sagu yg masih bertahan, walau sudah banyak tergusur nasi. Lainnya cuma jadi camilan. Breadfruit dan sweet potatoe, kok jadi keren ya kalau sudah dieropakan. Anda mau makan telo? Emoh, gengsi. Kalo makan sweet potatoe? Rebutan. Hahaha... Yang aneh, singkong yang tulen asli Amrik ini kok imejnya sekarang jadi makanan ndeso. Apakah nasib pizza, KFC, hamburger dan lain-lain kelak sama? Lha iya, siapa tahu pizza, KFC dan sebagainya itu kelak juga dilupakan asal usulnya dan dianggap makanan ndeso oleh anak cucu kita. :D Bisa saja kan? Siapa tahu. Sebenarnya, kalau saya lihat di fotonya di internet, yang asli sini itu yang dalam bahasa Inggris disebut yam. Kalo sweet potato asli Amerika Selatan. Tapi, disini keduanya disebut telo. Bentuk dan rasanya mirip sih.

Kalau yang asli sini dan dulu berharga bagai emas? Itu rempah-rempah. Orang di seluruh Eropa jauh-jauh mengelilingi tujuh lautan kan tujuan utamanya mencari tanah asal dari rempah-rempah, yang ternyata ada di negara kita. Orang-orang Eropa datang jauh-jauh ribuan mil ke sini kan gara-gara naksir spice girls :D Nah, itu barang asli sini yang zaman dulu populer luar biasa. Mahal sekali harganya, sampai orang-orang Eropa saling berperang, tembak-tembakan, bom-boman cuma gara-gara rebutan rempah-rempah. Keajaiban dunia ke-8. Columbus juga kan tujuannya ke sini, tapi kesasar ke Amerika. Seluruh Eropa sibuk berlayar gara-gara cuma mau mencari negara kita. Nah, kalau ini keajaiban dunia betulan kan? Tapi, seiring dengan waktu harganya sekarang sudah menjadi sangat murah. Yang menjadi rebutan sekarang dan menjadi sumber banyak peperangan adalah emas hitam di Teluk Persia. Entah sampai kapan.


18 Oct 2011