Wednesday, September 24, 2014

Minimnya Lagu Bertema Bukan Cinta Remaja

Oleh: Helmi Junaidi




Saya jarang mengikuti lagu-lagu era sekarang. Entah apakah sekarang ada lagu-lagu yang liriknya bagus, tapi mudah-mudahan masih tetap ada. Saya dulu pernah ngetwit bahwa sebaiknya lagu-lagu tidak hanya berisi kisah ABG yang sedang kasmaran, tapi juga hal-hal lain yang ada di masyarakat. Apa dunia ini isinya cuma ABG yang sedang kasmaran doang? Weew... -_-

Tak perlu harus seluruhnya bertema bukan cinta remaja. Katakanlah fifty-fifty gitu. Separuh bisa berisi cinta remaja, separuhnya bisa tentang hal-hal yang lain. Ibaratnya, kalau kaset yang side A isinya soal ABG, yang side B soal-soal lainnya. Banyak lagu-lagu tentang alam, masalah sosial dan beragam soal lainhya yang bisa sangat komersil juga. Kita jangan mengangap selera masyarakat (dan selera ABG juga) cuma lirik lagu yang bertema ABG kasmaran saja. Itu terlalu naïf.

Lagu cinta remaja begitu memang bisa menarik juga, dan saya juga bisa menyukainya. Tapi, masa semuanya harus bertema demikian? Harus ada tema lain juga dong. Karena sekali lagi, dunia ini tidak hanya berisi ABG yang sedang kasmaran. Banyak beragam soal-soal lain yang bisa disampaikan ke masyarakat. Apa contoh lagu non-kasmaran yang bisa komersil? Lho, lagu-lagu yang saya sebut di artikel Liberte Tanpa Egalite ataukah Egalite Tanpa Liberte ini komersil semua dan laris jutaan keping CD.

Coba lihat, jumlah pemirsa lagu Ugly Kid Joe - Cats In The Cradle adalah 8.052.430, Nikita 2.403.044 dan Sting - Russian 5.746.745. Sangat banyak pemirsanya walau tidak bertema cinta remaja. Dan pada masanya baru dirilis dulu memang popular dan sangat komersil. Selain itu, kita tahu bahwa lagu-lagu klasik era Mozart dan Beethoven juga hampir tak ada yang bertema cinta remaja, tapi toh semuanya tetap disukai orang hingga zaman modern sekarang ini. Sudah berabad lamanya, tapi tetap disukai orang dan dipertunjukkan di mana-mana. Jadi, anggapan bahwa cuma lagu bertema cinta remaja saja yang akan komersil dan disukai masyarakat itu jelas anggapan yang sangat keliru.

Tentu saya tak melarang lagu bertema cinta remaja, tapi saat ini jumlahnya terlalu berlebihan, tak imbang dengan yang bertema lainnya.

Malang, 15 Sep 2014