Sunday, September 15, 2013

Parodi Osama: Paijo Nemu Duit Satu Miliar

Oleh: Helmi Junaidi


Sebuah sore yg tenang di sebuah desa bernama Wonocoyo....

Tiba-tiba saja ketenangan itu diusik seorang warga desa bernama Paijo, yang entah dari mana dia, tiba-tiba saja kedapatan tengah berlari kencang terengah-engah sambil berteriak "Aku nemu duiiitt.... satu milyaaaar..... satu milyuuaaar....." Tentu saja warga desa langsung ramai berkerumun melihat ulah Cak Paijo.

"Satu milyar, nemu dimana Cak Jo?" Tanya penduduk desa penasaran.

"Nemu di jalaaaann....barusaaaannn", jawab Paijo masih sambil terengah-engah.

"Mana duitnya Jo. Mana?" Tanya mereka. "Bagi-bagi, Jo"

"Sudah tak ada. Habis nemu langsung kubuang ke sungaiii.. Tapi memang betuuul aku tadi nemu duit satu milyaaar. Betyyuuuull lhoo."

"Satu milyar gundulmu iku, Jo," Gerutu warga desa sambil berlalu, bubar dan meneruskan aktifitasnya masing-masing.

Esok harinya, Paijo melakukan ulah yg sama di desa tetangganya, yakni desa Wonogoroh. "Aku nemu duit satu milyaaar....!!!

Warga desa Wonogoroh juga segera ramai mengerumuni Paijo. Tapi, berbeda dengan warga desa Wonocoyo, kalau warga desa Wonogoroh ini tanpa bertanya apa, bagaimana, kenapa dan dimana, langsung percaya haqqul yaqqiiinn dengan kata-kata Paijo dan langsung berteriak ramai keras-keras. "Hidup Cak Paijo, penemu duit satu milyar. Hiduup...!! Long Live Cak Paijo". Lalu mereka ramai-ramai memanggul Paijo keliling desa.

Malamnya mereka pesta merayakan penemuan duit satu milyar yg entah dimana juntrungannya, karena kan sudah dibuang ke sungai. Bahkan, esoknya sebuah nama jalan desa juga diganti dan dinamai Jl. Paijo. Menjadi pahlawan pokoknya Paijo. Pahlawan Desa Wonogoroh. Bahkan ada rencana mendirikan patungnya juga.

Demikian kisah Cak Paijo di kedua desa yang karakter penduduknya sangat berseberangan tersebut.

Nah, kalau Anda semua itu kira-kira tergolong warga desa mana? Wonocoyo atau Wonogoroh? Heheh... You know, banyak penduduk di dunia ini ternyata termasuk penduduk desa Wonogoroh bin Wonobahlul. Gampang banget digorohi (didustai) oleh orang-orang semacam Paijo. Walhasil, orang-orang semacam Paijo pun akhirnya banyak yang jadi  pahlawan. Dunia pun akhirnya sulit mendapat coyo (cahaya).

Tips: Ganti duit satu milyar temuan Paijo yang dibuang ke sungai dengan kisah Osama yang dibuang ke laut. Nah, Anda kali ini termasuk warga Wonocoyo atau tetap warga Wonogoroh? Kalau masih percaya dengan kisah Osama  dibuang ke laut ya silakan ke laut sekalian juga. :D Salam.

1 Maret 2012 

Baca juga: Kisah Mohammad Atta, Pembom WTC Yang Hobi Menonton Striptease dan Minum Vodka