Wednesday, June 19, 2013

Hari Jumat Berbeda dengan Hari Sabbath



Selama ini media Barat biasanya menyebut Jumat sebagai Muslim Sabbath. Ini salah sebetulnya. Kalau hari Sabbath kan artinya rest day, umat dilarang bekerja. Padahal, kalau hari Jumat umat Islam cuma disuruh ke masjid saja. Katakanlah Jumat itu sekedar hari ibadah saja. Di dalam agama Islam sebetulnya tak ada rest day. Jumat berbeda maksudnya dengan Sabbath.

Ingat riwayat adzan pertama hari Jumat? Itu fungsinya untuk mengingatkan orang yang sedang sibuk berdagang di pasar supaya bersiap-siap shalat Jumat. Jadi, tidak dilarang sekolah, bekerja & berdagang pada hari Jumat. Tapi, kalau ada yang mau santai liburan hari Jumat ya terserah. Boleh-boleh saja. Tak dilarang. Sebelum dan sesudah shalat Jumat orang boleh berdagang atau bekerja.

Silakan lihat di website ini, Shalat Jum'at Dengan satu dan dua kali Azan. Yang wajib cuma satu azan tentunya. Tapi, kalau orang tradisional terlanjur menganggap dua azan sebagai wajib. Ini sebetulnya keliru. Walau boleh-boleh saja, tapi memang tidak wajib. Karena azan dua kali itu hasil ijtihad Usman, bukan perintah agama.