Sunday, June 16, 2013

Aliran Salaf, Pengaruhnya kepada Perkembangan Iptek dan Seni Budaya


Aliran salaf yang sekarang ini semakin banyak berkembang adalah aliran yang berbahaya. Bukan dalam artian teror dan bom, tapi dalam kemajuan iptek. Mereka sangat gemar mengharamkan segala hal, seolah hampir-hampir tak ada barang halal. Islam dulu mengalami stagnasi berabad-abad lamanya karena orang-orang semacam itu. Sedikit-sedikit haram, Sedikit-sedikit bid'ah, Sedikit-sedikit syirik, Sedikit-sedikit kafir. Cape deh. Lha, mana bisa peradaban bisa maju berkembang dengan paham semacam itu. Kalau semua hal dilarang nanti kan hal-hal yang membawa kemajuan bisa kena larangan juga. Kalau saya kan membatasi diri cuma mengharamkan mo limo saja. Lain-lainnya terserah saja sepanjang yang Anda lakukan tidak mengganggu orang lain.

Tentu saja, iptek pun bisa sulit berkembang bukan karena faktor agama saja, tetapi juga karena sikap sebagian orang yang walau fakta bilang A, mereka tetap ngeyel bilang B. Juga karena sikap sebagian orang yang suka langsung ambil kesimpulan salah atau benar padahal mereka tak pernah melakukan penelitian apa-apa. Seperti dalam soal aura misalnya dan juga beragam lainnya. Tanpa teliti tanpa periksa langsung nyeplos A atau B. Repot.

Selain kepada Iptek, tentu saja aliran salaf ini akan  bisa sangat menghambat perkembangan seni dan budaya karena mereka juga terkenal sedikit-sedikit mengharamkannya. Jadi mereka juga berbahaya bagi perkembangan  seni dan budaya juga.