Monday, November 14, 2016

Guitar Yamaha, made in Indonesia, Beredar Sampai ke Wina

Oleh: Helmi Junaidi

Ada hal yg lucu. Sebulan yang lalu ada tamu dari Wina yang menginap selama beberapa hari di sini. Dia membawa gitar kecil (ukulele). Ditanya beli dimana? Di negara asalnya, Jerman. Dia masih sering wira-wiri Jerman-Wina. Merk apa, tanyaku. Yamaha.

Besoknya kebetulan ada kenalan seorang gitaris datang. Selintas melihat dia langsung bilang dengan enaknya itu buatan Indonesia. Lho?? Tentu saja kami tak ada percaya. Beli di Eropa dan merk Yamaha kok dia langsung "menuduh" buatan sini. Yang punya sendiri juga tak tahu kalau itu buatan Indonesia. Langsung saya cek. Merk gitar biasanya ada di balik lubang gitar itu. Astaga! Ternyata benar. Di bawah merk Yamaha ada tulisan kecil made in Indonesia !! Harga di sana EUR 100 atau Rp 1,4 juta dan disini cuma Rp 600 ribu. Ternyata... alat musik buatan Indonesia bisa beredar sampai ke negaranya para maestro musik seperti Mozart dan Beethoven.

Dan mungkin bukan hanya alat musik saja, tapi bisa saja banyak barang-barang yang lainnya, termasuk handphone made in Indonesia yang beredar di Eropa di bawah brand internasional seperti Samsung dan Iphone.

The good news is: barang made in Indonesia ternyata kualitasnya cukup bagus untuk dijual di pasar Eropa/internasional.

The bad news is: Agaknya rasa kurang pede kita di dalam pergaulan internasional telah dimanfaatkan negara-negara lain. Hobi minder kita selama ini memang terlalu kebangetan. Be confident guys !!

Yogyakarta, 4 October 2016